Akuntansi Keuangan Menurut Para Ahli

nurul hidayah

04/03/2022

9:35 am

Akuntansi keuangan adalah rumpun ilmu dari akuntansi yang berhubungan dengan cara pelaporan perusahaan kepada pelaku ekonomi baik secara internal maupun eksternal. Dilansir dari laman Fakultas Ekonomi dan Bisnis, umumnya akuntansi keuangan berbentuk arus kas, perubahan modal, rugi laba, dan neraca. Dalam hal ini, pihak eksternal terdiri dari pemegang investor, saham, dan kreditor.

Makin baik pelaporan keuangan maka akan memberikan dampak tingginya kredibilitas sebuah perusahaan. Oleh karenanya, akuntansi keuangan mempunyai peran yang begitu penting, terutama dalam menyajikan laporan kondisi terbaru bagi perusahan. Hal tersebut digunakan untuk tolak ukur pengambilan keputusan oleh pimpinan perusahaan. Maka dari itu, sebagai rumpun ilmu dari akuntansi, pengertian akuntasi keuangan diambil dari pandangan beberapa ahli berikut. Pengertian Akuntansi Keuangan Menurut Para Ahli

1. Suwardjono (dosen di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM) Akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, peringkasan transaksi, dan kejadian yang bersifat keuangan. Akuntansi dilakukan dengan cara berdaya guna, dalam bentuk satuan uang, dan penginterpretasian hasil proses tersebut.

2. Kieso & Weygant [dalam buku Intermediate Accounting, 2000:6] Akuntansi keuangan adalah serangkaian proses yang berujung pada penyusunan laporan keuangan dan berhubungan dengan perusahaan secara keseluruhan. Akuntansi ditujukan untuk dipakai oleh pengguna laporan keuangan baik internal ataupun eksternal perusahaan.

3. Sugiarto [dalam buku Pengantar Akuntansi:2002] Akuntansi keuangan adalah bidang dalam akuntansi yang berfokus pada penyiapan laporan keuangan di suatu perusahaan yang dilakukan secara bertahap. Laporan ini sekaligus sebagai bentuk pertanggungjawaban manajemen kepada pemegang saham atau investor. Persamaan akuntansi yang digunakan ialah Aset sama dengan Ekuitas ditambah Liabilitas yang berpatokan pada Standar Akuntansi Keuangan (SAK).

4. Warren Reeve Fess [dalam buku Pengantar Akuntansi:2008:15] Akuntansi keuangan adalah pencatatan, pelaporan data, serta kegiatan ekonomi perusahaan. Meskipun laporan tersebut menghasilkan informasi yang berguna bagi manajer, tapi hal itu merupakan laporan utama bagi pemilik (owner), kreditor, lembaga pemerintah dan masyarakat umum.

5. Paul Gradi (pakar akuntansi dari Amerika) Akuntansi digunakan sebagai fungsi organisasi secara sistematis, dapat dipercaya dan original dalam mencatat, mengklasifikasi, memproses, membuat ikhtisar, menganalisa, menginterprestasi seluruh transaksi, dan kejadian. Selain itu, akuntansi juga digunakan sebagai karakter keuangan yang terjadi dalam operasional perusahaan dan pertanggungjawaban atas kinerjanya

6. Walter (politisi Amerika Serikat) Akuntansi merupakan suatu sistem informasi, yang tujuannya untuk mengukur aktivitas bisnis, memproses data menjadi laporan, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada pengambil keputusan yang dapat mempengaruhi aktivitas bisnis.

Baca Juga Pengertian Akuntansi dan Pentingnya dalam Bisnis


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori

Artikel Terbaru

Hubungi Kami
%d bloggers like this: