Cara menentukan tujuan keuangan bisnis

akuntansionline csweb

19/12/2019

2:36 am

Membuat tujuan keuangan bisnis secara refleks akan dibuat oleh setiap pelaku usaha manapun. Karena tujuan keuangan bisnis merupakan perencanaan yang membutuhkan persiapan dana dengan jumlah tertentu dan dalam jangka waktu tertentu yang akan menjadi tujuan dari bisnis yang sedang dijalani.  Perencanaan keuangan yang baik maka akan menghasilkan manajemen keuangan dan operasional bisnis dengan baik pula. Berikut cara menentukan tujuan keuangan bisnis anda :

  1. Buatlah tujuang keuangan bisnis anda berjangka waktu. Dari jangka pendek, menengah, sampai lama.

Tujuan orang dalam menjalankan bisnis tentu saja agar mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dengan modal sekecil mungkin. Namun, setiap pelaku bisnis memiliki tujuan yang spesifik tidak hanya ingin memiliki keuntungan belaka namun ada target yang ingin dia capai. Begitupula dalam melakukan manajemen keuangan bisnis, anda mesti membuat tujuan keuangan bisnis anda. Tujuan dibuat agar tetap dalam jalur yang tepat untuk mencapainya.

Yang pertama buatlah tujuan utama terlebih dahulu tentang keuangan bisnis yang ingin anda capai, patokannya kembali ke anda sendiri apa berdasarkan angka, aset ataupun yang lainnya.  Kemudian tujuuan utama tersebut di breakdown menjadi berjangka waktu. Yakni tujuan jangka pendek yang ingin anda capai, jangka menengah maupun jangka panjang. Hal ini agar lebih memudahkan anda dalam mencapai tujuan tersebut, karena laur step by stepnya jelas dan terukur.

  1. Gunakan sebagai motivasi dalam bisnis anda

Banyak sumber motivasi yang bisa anda jadikan penyemangat dalam melakukan bisnis anda. Dan membuat tujuan keuangan bisnis merupakan salah satu motivasi yang efektif dalam menjalankan bisnis. Ada hal yang ingin anda capai, segala bentuk halangan, rintangan, tantangan dan segala tetek bengek jalan terjal menuju tujuan keuangan bisnis anda akan dianggap sebagai bagian dari cerita kesuksesan kelak ketika sudah akan mencapai tujuan keuangan yang anda buat.

 

  1. Buatlah jangka waktu yang ditentukan agar tercapai tujuan tersebut

Membuat sebuah tujuan keuangan bisnis tanpa adanya target waktu yang bisa dicapai akan membuat anda berputar-putar dalam usaha mencapainya dan membuat anda tidak fokus. Lain lagi bila anda membuat jangka waktu kapan tujuan anda akan dibuat hal ini membuat anda tetap fokus, terjaga semangatnya, serta semakin bekerja keras dan cerdas untuk mencapai tujuan keuangan bisnis anda.

  1. Evaluasi keuangan berjenjang waktu

Step terakhir evaluasi secara berjenjang  apa yang sudah dicapai. Misalkan evaluasi tia[p quarter atau semester bisnis atau malah tiap bulan. Hal ini bertujuan agar tetap dalam koridor yang diinginkan, selain itu bila terjadi suatu kendala bisa segera dketahui dan diatasi secepatnya. Dengan evaluasi keuangan berjenjang juga mengetahui kinerja di setiap lini bisnis anda apakah sudah berjalan dengan baik atau tidak.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori

Artikel Terbaru

Hubungi Kami
%d bloggers like this: