Forecasting dan Manfaatnya Bagi bisnis

akuntansionline csweb

19/02/2020

3:25 am

Dalam bisnis, membuat strategi perencanaan itu penting, apalagi dengan kondisi pasar yang sangat dinamis. Kita tidak bisa mengetahui apa yang akan terjadi kedepannya, bisa jadi sekarang kondisi bisnis kita dalam kondisi yang sangat baik, tapi apa jaminannya dimasa depan akan sama seperti itu? Tidak ada jaminan sama sekali. Oleh karena itu membuat rencana prediksi masa depan itu penting untuk dilakukan.

Dalam kacamata bisnis itu dinamakan forecasting. Lalu apa sebenarnya forecasting itu? Forecasting sendiri adalah suatu metode yang digunakan untuk membuat perencanaan dan pengendalian akan apa yang akan terjadi dimasa mendatang, yang mana prediksi dibuat dengan menggunakan data dengan tepat sehingga bisa digunakan sebagai acuan untuk membuat keputusan manajemen strategi apa yang tepat untuk bisa digunakan. Forecasting ini diperlukan oleh

Tujuan Forecasting

Fungsi dari forecasting sendiri terlihat pada pengambilan keputusan. Yang mana keputusan diambil dengan melalui pertimbangan yang akan terjadi nantinya. Lalu apa tujuan dari forecasting ini? Nah, Menurut Heizer dan Render (2009:47), peramalan atau forecasting memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Untuk mengkaji kebijakan perusahaan yang berlaku saat ini dan dan di masa lalu serta melihat sejauh mana pengaruh di masa datang.
  2. Peramalan diperlukan karena adanya time lag atau delay antara saat suatu kebijakan perusahaan ditetapkan dengan saat implementasi.
  3. Peramalan merupakan dasar penyusutan bisnis pada suatu perusahaan sehingga dapat meningkatkan efektivitas suatu rencana bisnis.

Manfaat Forecasting Bagi Bisnis

Setelah mengetahui apa itu forecasting dan tujuan dari forecasting itu sendiri, lalu apa sih manfaat melakukan forecasting bagi bisnis kita? Bagaimanapun untuk melakukan sesuatu dalam bisnis tentu harus memberikan manfaat bagi bisnis itu sendiri, kan kita tidak bisa melakukan sesuatu tanpa mengetahui manfaatnya? Betul kan? Agar lebih membuat kita melakukan forecasting, berikut manfaat yang bisa didapatkan dari forecasting bagi bisnis kita :

  1. Sebagai alat pembuat keputusan manajemen
  2. Meningkatkan teamwork perusahaan
  3. Sebagai alat perencanaan yang efektif dan efisien
  4. Sebagai panduan dalam pengawasan roda bisnis perusahaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori

Artikel Terbaru

Hubungi Kami
%d bloggers like this: