Fungsi Laporan Keuangan

akuntansionline csweb

30/11/2019

5:22 am

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan vital dalam sebuah perusahaan. Hal ini karena laporan keuangan mengatur segala arus kas keluar dan masuk dalam perusahaan. Bila sedikit saja kekeliruan dalam laporan keuangan maka akan berdampak bagi berjalannya suatu perusahaan. Ada berbagai macam fungsi dari laporan keuangan itu sendiri, berikut diantaranya :

  • Laporan Keuangan Menggambarkan Kondisi Perusahaan Yang Sebenarnya

Dalam laporan keuangan terseusun secara detail semua aktifitas keuangan dalam sebuah perusahaan. Melihat berapa pendapatan yang masuk, sudahkah mendapatkan laba setelah dikurangi pengeluaran. Kemudian didalam laporan keuangan kamu juga bisa melihat asset-aset yang dimiliki oleh perusahaan, hutang dan piutang yang dimiliki, cashflow dan sebagainya. Cukup melihat angka-angka yang terpampang dalam laporan keuangan maka kita akan mengetahui kondisi sebenarnya daripada perusahaan tersebut.

  • Bahan perencanaan dan evaluasi perusahaan

Saat kita menjalankan suatu usaha, semua kuda menggunakan data. Sehingga apa yang akan kita lakukan menjadi lebih terarah dan sesuai koridor mestinya. Dan bahan yang bisa digunakan tersebut dengan menggunakan laporan keuangan. Karena laporan keuangan berisikan detail segala kekuatan dan kelemahan kita. Kita bisa menggunakan untuk membuat rencana bagaimana bisnis ini akan dibawa. Selain itu juga bisa digunakan sebagai evaluasi dari kinerja perusahaan yang sudah terjadi.

  • Bentuk pertanggungjawaban

Bisnis yang kita jalani bisajadi ada peran dari investor atau pihak lainnya yang menanamkan modal untuk kita. Maka laporan keuangan ini bentuk pertanggungjawaban atas modal yag mereka beri untuk kita kelola menjadi profit. Selain itu juga sebagai pertanggungjawaban pegawai kita atas kinerja yang sudah dilakukan mereka dalam menjalankan roda bisnis ini. Sehingga mereka bisa bekerja dengan rasa penuh tanggung jawab.

  • Kredibilitas Perusahaan

Kredibilitas dan kepercayan itu penting untuk dimiliki disetiap perusahaan. Hal ini akan berpengaruh sebagai image perusahaan dimata publik. Selain itu kredibilitas yang dimiliki akan membuat para calon investor akan dating untuk menanamkan modalnya untuk perusahaan yang kita miliki. Hal ini tercerminkan dalam laporan keuangan perusahaan yang baik dan transparan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori

Artikel Terbaru

Hubungi Kami
%d bloggers like this: