Gaya Hidup Minimalis, Bikin Kamu Jadi Hemat!

Kariena SA

27/05/2021

7:23 am

Gaya hidup yang kamu pilih akan menentukan seberapa besar pengeluaranmu setiap bulannya loh! Selain itu juga akan mempengaruhi pandangan kamu terhadap uang dan pekerjaan. Banyak dari milenial yang terjangkit ‘hustle cultue’ atau ‘gila kerja’ karena memiliki gaya hidup yang tinggi. Nah untuk itu, sebaiknya kamu mengenal terlebih dahulu tentang gaya hidup minimalis yang pastinya bakal bikin kamu lebih hemat. Yuk, simak!

Baca Juga: Hustle Culture: Budaya Gila Kerja Kaum Muda

Wanita yang sedang membaca buku dengan menerapkan hidup minimalis
Gambar oleh Karolina Grabowska dari Pixabay

Apa sih gaya hidup minimalis itu?

Gaya hidup minimalis itu adalah sebuah konsep hidup yang menerapkan kesederhanaan dengan memiliki sedikit barang, namun bermanfaat secara maksimal. Konsep ini juga lebih cenderung pada membeli barang dengan mementingkan kualitas dibanding kuantitasnya.

Dengan gaya hidup ini, banyak orang yang mempercayai bawah mereka akan merasa lebih bersyukur, percaya diri, tenang, dan bahagia. Ketika menerapkan gaya hidup ini, kamu perlu menyingkirkan atau mengganti semua hal yang tidak terlalu dibutuhkan menjadi sesuatu yang memang memiliki manfaat lebih dan berguna.

Lalu apa hubungannya dengan hemat? Penerapan gaya hidup ini akan membuatmu meninggalkan perilaku boros dan berlebihan menjadi perilaku yang lebih sederhana dan berkualitas.

Langkah Awal Memulai Gaya Hidup Minimalis

1. Memilah barang yang tidak terpakai

Kamu haru menyortir barang-barang yang ada di rumahmu atau di ruanganmu sekarang. Pilah mana yang harus dibuang dan mana yang memang masih layak serta berguna untuk disimpan. Selain itu, kamu harus tahu akan di kemanakan barang tersebut seperti memberikannya pada orang lain atau menyingkirkannya ke tempat sampah.

2. Selektif dalam membeli barang

Kamu harus benar-benar memperhatikan setiap barang yang akan kamu beli. Pastikan barang yang kamu beli itu adalah barang yang benar-benar kamu butuh kan. Namun, di sini kamu harus lebih mempertimbangkan kualitas dari barang tersebut. Karena semakin berkualitas, semakin lama juga umur hidupnya. Sehingga, kamu bisa lebih berhemat untuk jangka waktu yang lebih lama dengan memperpanjang umur pergantian barang.

3. Rawatlah dengan baik barang-barangmu

Merawat barang dengan baik akan membuat kamu lebih lama lagi menggunakan barang tersebut karena kualitasnya tetap bagus dan terjaga.

4. Belajar time management

Selain memilah barang, hidup minimalis juga memilah waktu dengan memanfaatkannya secara efektif dan efisien dengan cara mengetahui prioritas terhadap sesuatu yang memiliki urgensi lebih tinggi.

Manfaat Hidup Minimalis

1. Adanya ruang untuk sesuatu yang lebih penting

Gaya hidup minimalis adalah mengurangi barang-barang yang kurang berguna, sehingga kamu akan mendapatkan ruang yang lebih dengan mengosongkan atau menyingkirkan barang kurang berguna tersebut. Ruang yang awalnya penuh, akan memiliki ruang lebih untuk sesuatu yang benar-benar kamu butuh kan.

2. Berkurangnya beban pikiran

Tahukah kamu bahwa lingkungan mempunyai peran sendiri saat akan mengambil keputusan untuk membeli barang atau tidaknya. Secara tidak langsung, kamu akan merasa cukup dengan apa yang kamu miliki dan tidak akan terobsesi dan mengikuti tren atau bahkan gengsi yang dibentuk lingkunganmu. Bahkan, dengan memiliki barang yang sedikit, kamu tidak akan terbebani pikiran akan takut kehilangan sesuatu serta lebih mudah mengingat letak barang.

3. Waktu luang yang bertambah serta pola hidup lebih teratur

Semakin sedikit jumlah barang yang kamu miliki, semakin sedikit juga waktu yang kamu gunakan untuk membersihkan rumah. Jadi, sisa dari waktumu dapat digunakan untuk hal lainnya.

4. Lebih fokus pada sesuatu yang lebih penting

Menerapkan gaya hidup minimalis akan membuatmu mengerti akan beberapa prinsip hidup, sehingga kamu memiliki kendali atas diri mu. Dengan begitu, kamu akan memiliki fokus mengenai tujuan dan prioritas hidup.

5. Menghemat lebih banyak

Hal ini adalah yang perlu kamu pahami dalam hidup minimalis yaitu dengan hidup minimalis bukan berarti biaya yang kamu keluarkan menjadi seminimal mungkin melainkan kamu mengeluarkan biaya besar sekali saja. Mengapa demikian? perlu diingat bahwa hidup minimalis mementingkan kualitas barangnya. Dengan begitu, mungkin kamu akan mengeluarkan biaya yang tinggi di awal pembelian tetapi dengan kualitas dan umur hidup barang yang lebih lama. Maka dari itu, pengeluaran jangka panjangmu akan lebih hemat.

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, apakah kamu ingin memulai gaya hidup minimalis? Tidak salah loh untuk memulai gaya hidup minimalis karena manfaat yang kamu dapatkan pun sangat banyak. Yuk, hidup minimalis!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori

Artikel Terbaru

Hubungi Kami
%d bloggers like this: