Jangan Salah Mengelola Keuangan Pribadi

Putri Nur Azizah

06/05/2021

6:30 am

Mengelola Keuangan Pribadi

Berapa gaji anda dalam satu bulan? Apakah anda sudah merasa cukup dengan gaji sebesar itu? Banyak orang kesulitan dalam mengatur keuangan pribadi sesuai dengan pemasukan gaji. Sehingga tidak sedikit orang yang memilih untung berhutang untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Mengelola keuangan sangatlah penting, oleh karena itu jangan sampai salah mengelola keuangan pribadi anda.

Baca Juga : Mengatur Keuangan Saat Ramadan Agar Tetap Hemat

Tanda Jika Salah Mengelola Keuangan Pribadi

Berikut ini adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa anda salah dalam mengelola keuangan pribadi :

1. Tidak Punya Dana Darurat

Karena terlalu fokus pada kebutuhan saat ini, terkadang kita lupa akan kebutuhan jangka panjang dan kebutuhan tidak terduga yang mungkin bisa saja terjadi. Oleh karena itu, sisihkan sebagian gaji anda sebagai persiapan dana jika ada kejadian darurat, misalnya seperti bencana, sakit, dan lain sebagainya.

2. Anggaran Tidak Akurat

Mencatat anggaran hanya berdasarkan perkiraan dapat membuat anggaran menjadi tidak akurat. Jika mencatat atau memiliki rencana dalam membeli sesuatu, sebaiknya cari informasi yang benar – benar akurat atau mendekati akurat.

3. Tidak Ada Dana Hari Tua

Mempersiapkan dana di hari tua sangatlah penting, karena tidak mungkin kita akan sanggup utuk mencari uang hingga usia lanjut. Hal yang bisa anda lakukan misalnya dengan berinvestasi.

4. Target Terlalu Tinggi dan Tidak Realistis

Memiliki target bukanlah sesuatu yang tidak boleh untuk dilakukan, bahkan hal tersebut penting untuk membangun motivasi. Tetapi harus disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan.

Akibat Salah Mengelola Keuangan Pribadi

Kesalahan ini dapat berakibat pada pola kehidupan kita sehari – hari seperti berikut ini :

  1. Hidup terlalu boros
  2. Pengeluaran membengkak
  3. Terlalu banyak hutang
  4. Perencanaan dana di hari tua terancam
  5. Kesulitan mengetahui anggaran yang akurat

Belum ada kata terlambat jika ingin belajar mengelola keuangan pribadi. Mulailah dari sekarang dan tunjukkan bahwa kondisi finansial anda akan semakin membaik dengan sistem pengelolaan keuangan yang tepat.   


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori

Artikel Terbaru

Hubungi Kami
%d bloggers like this: