Kerugian Tidak Memiliki Dana Darurat

akuntansionline csweb

23/12/2019

4:03 am

Dalam kehidupan, segala hal bisa saja terjadi. Saat anda merasa sedang berada dalam kondisi baik dan optimal. Namun, tiba-tiba roda berputar 180′ anda tiba-tiba mengalami situasi genting terjadi kebakaran rumah anda. Dan anda tidak memiliki dana darurat, maka saat itu masalah anda bertambah dua kali lipat. Ibarat kata sedia paying sebelum hujan rasanya tepat untuk digunakan sebagai ungkapan tentang dana darurat itu sendiri. Dana darurat sendiri merupakan sejumlah dana yang sudah kamu siapkan sebagai antisipasi bila terjadi sesuatu yang genting diluar jangkauan kita sebagai manusia. Ada berbagai macam kerugian yang akan terjadi bila kamu tidak memiliki dana darurat, berikut diantaranya yang akan kamu alami :

  1. Cashflow berantakan

Yang namanya situasi genting dan darurat tidak bisa diprediksikan, namun masih bisa diantisipasi untuk menghadapinya. Yang akan terjadi ketika terjadi situasi genting akan mempengaruhi keuangan yang anda miliki. Arus kas yang awalnya untuk post-post yang sudah ditentukan akan mengalami pergeseran yang tak terduga. Apalagi bila anda tidak memiliki dana darurat sama sekali. Maka akan menyedot dana lain yang anda miliki, akhirnya arus kas yang terjadi berantakan dan hancur. Hal-hal yang harusnya bisa digunakan untuk post kebutuhan sehari-hari terpaksa dipangkas untuk hal darurat tersebut.

  1. Hutang bertambah

Ketika terjadi suatu kondisi darurat dan anda tidak memiliki dana sama sekali, maka opsi yang bisa diambil mencari hutang agar dapat menutupinya. Hal ini tentu saja sama saja mengatasi masalah dengan masalah. Selesai keadaan darurat bertambah masalah hutang yang bertambah. Iya kalau bisa membayar hutang tersebut, kalau ternyata tidak bisa? Maka keadaan akan semakin memburuk.

  1. Konflik rumah tangga

Tak sedikit rumah tangga hancur karena terjadinya suatu kondisi genting dan tidak memiliki dana darurat yang akhirnya timbul konflik baik antar suami istri maupun dalam internal keluarga. Awalnya cuma pertengkaran kecil, lama-lama membesar yang bisa menggoyang kehidupan rumah tangga kalian. Apalagi melihat masalah semakin banyak bertambah dalam urusan keuangan keluarga dan bisnis. Ketidakmampuan mengelola masalah dana darurat bisa berefek fatal dalam keutuhan rumah tangga.

  1. Kondisi finansial terancam

Cashflow berantakan, hutang bertambah, maka secara otomatis mengancam kondisi finansial ketika terjadi keadaan darurat dan tidak memiliki dana darurat sama sekali. Misalkan terjadi bencana alam, rumah hancur, bisnis ga jalan karena tidak adanya dana darurat yang dimiliki. Bagaimana bisa bertahan saat mengalami hal tersebut? Belum ditambah perasaan traumatik akan bencana, kehilangan orang tercinta, tentu membuat kamu yang tidak memiliki dana darurat akan dalam kondisi finansial yang berbahaya. Beda halnya kamu memiliki dana darurat, maka bisa untuk mengatasi kondisi darurat yang terjadi, dan finansial kamu dalam keadaan baik-baik saja.

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori

Artikel Terbaru

Hubungi Kami
%d bloggers like this: