Membangun Kepercayaan Dalam Bisnis

akuntansionline csweb

04/12/2019

3:01 am

Kepercayaan dalam suatu bisnis merupakan hal yang vital, ia akan memberikan kesuksesan dalam setiap bisnisnya. Sebesar apapun value suatu perusahaan, namun apabila tiba-tiba ia tidak mendapatkan kepercayaan maka bisnis yang sudah dibangun akan hancur seketika. Begitu juga sebaliknya saat masih merintis suatu bisnis, namun berhasil mendapatkan kepercayaan dari publik dan bisa melesat keberhasilan dalam bisnisnya.

Oleh karena itu sangat penting suatu perusahaan membangun kepercayaan didalam bisnis yang dijalankannya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun kepercayaan dalam bisnis anda, berikut diantaranya :

Pertama, Kejujuran. Langkah awal dalam membangun sebuah kepercayaan adalah berkata dan bertindak dengan jujur. Produk yang anda jual, tawarkan dengan jujur apa yang menjadi kelebihan apa yang menjadi kekurangan jelaskan dengan yang sebenarnya. Jangan sampai pelanggan anda mengalami kekecewaan karena ternyata produk yang dia beli tidak sesuai dengan apa yang telah ditawarkan sebelumnya. Iya kalua missal Cuma dia menyimpan sendiri kekecewaannya, bagaimana bila menceritakan kepada publik kecewanya dia terhadap produk anda, bisa langung menhancurkan produk anda. Maka dari mulai rintisnya bisnis anda senantiasa anda jujur kepada pelanggan maupun partner bisnis anda.

Kedua, Menepati Janji. Janji dalam setiap bisnis wajib untuk ditepati, tidak hanya dalam bisnis sih tapi dalam setiap harinya. Setiap omongan yang diucapkan dan mampu untuk dijalani maka akan membuat pelanggan anda menjadi percaya kepada anda. Missal anda berjanji untuk bertemu dengan pelanggan anda pada hari rabu jam 9 pagi di salah satu tempat makan, maka anda mesti dating tepat waktu sesuai dengan apa yang telah anda janjikan. Hal ini menunjukan integritas serta komitmen dalam setiap bisnismu.

Ketiga, Komunikasi. Komunikasi yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Acapkali kesalahpahaman terjadi karena komunikasi yang kurang baik. Apalagi menyangkut tentang bisnis, maka komunikasi itu penting untuk dijaga. Nilai plus bila anda mampu mengingatkan pelanggan anda dana pa yang anda butuhkan. Jaga komunikasi yang baik dnegan pelanggan anda, bersikap ramahlah kepada pelanggan anda. Berikan respon yang tepat saat pelanggan anda memberikan keluhan dari pelayanan yang anda berikan.

Keempat, Menjaga Brand. Brand dari bisnis anda merupakan asset yang berharga. Bisa jadi value dari brand anda lebih tinggi darpida profit yang dihasilkan. Sudah banyak perusahaan besar membeli brand tertentu dengan nilai yang besar karena melihat dari value brand tersebut. Pelanggan juga akan cenderung melihat dari brand terlebih dahulu saat mau membeli sesuatu, karena mereka percaya brand tertentu merupakan brand yang dipercaya untuk produk tertentu. Oleh karena itu hendaknya anda menjaga brand yang sudah anda miliki, proteksi brand anda ajukan ke HAKI atas paten dari brand anda. Jangan sampai anda sudah membangun brand menjadi besar, belum dipatenkan dan orang lain terlebih dahulu mematenkan brand tersebut maka anda mau tidak mau akan diminta merubah brand anda, kalaun tidak anda akan bisa dituntut. Nyesek banget kan kalau itu terjadi?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori

Artikel Terbaru

Hubungi Kami
%d bloggers like this: