Mencapai Kondisi Aman Finansial, Ini Caranya!

Putri Nur Azizah

27/07/2021

3:28 am

Mencapai kondisi aman finansial merupakan hidup ideal dambaan setiap orang. Karena pastinya setiap orang di dunia pasti memiliki keinginan untuk hidup sejahtera dan terjamin hidupnya hingga hari tua. Alangkah senangnya jika semua kebutuhan dasar kita dapat terpenuhi, misalnya mulai dari tempat tinggal, pakaian, makanan, dan kebutuhan pokok lainnya.

Dalam proses mencapai kondisi aman finansial ini, tentu tidak semudah yang kita bayangkan. Ada banyak sekali pengorbanan serta perjuangan untuk mencapainya. Banyak mereka yang hingga usia lebih dari 30 tahun masih harus bekerja keras untuk sekedar memenuhi kebutuhan dasarnya. Ada juga mereka yang sebenarnya memiliki penghasilan cukup namun karena tidak cermat dalam menata finansialnya, kondisi aman finansial ini pada akhirnya belum bisa tercapai.

Berikut ini merupakan cara yang dapat anda lakukan untuk belajar mengendalikan kondisi finansial anda:

Menyimpan Uang Untuk Kebutuhan Masa Depan

Menabung merupakan salah satu opsi untuk mencapai kondisi aman finansial. Menabung ini bukan berarti menyimpan sisa pengeluaran, tetapi menyisihkan beberapa persen uang dari total uang atau pendapatan yang anda miliki.

Mengapa seperti itu? Karena jika yang kita tabungkan adalah sisa, belum tentu uang yang kita punya itu bersisa. Tapi jika kita benar – benar menyisihkan uang dengan konsisten, maka kita bisa melihat kemajuan yang didapatkan dari proses itu. Bahkan, bisa jadi jumlah persenan yang kita tabungkan akan bertambah besar dari waktu ke waktu.

Investasi

Selain menabung, investasi juga menjadi opsi yang patut untuk dijalankan. Tetapi sebelum melakukan investasi harus anda pastikan dulu risiko serta proyeksi masa depan yang akan kita dapatkan dari investasi tersebut. Periksa dengan teliti aset serta tempat kita berinvestasi, pastikan bahwa kita tidak salah menempatkan uang kita sehingga bukannya mendapatkan kondisi aman finansial tapi malah menjadi ancaman bagi kondisi finansial.

Mengatur Kebiasaan Hidup

Supaya anda dapat menabung dan melakukan investasi dengan tenang, anda juga perlu untuk mengatur pola kebiasaan hidup anda. Hindari hidup boros dan coba untuk mengendalikan pengeluaran anda mulai dari sekarang.

Investasi Keahlian dan Pengetahuan

Selain uang, memiliki keahlian khusus juga dapat menjadi poin plus untuk menambah pundi – pundi uang. Orang yang memiliki pengetahuan luas dan terkonsentrasi biasanya akan lebih ahli dalam bidangnya.

Lalu bagaimana cara mendapatkan hal itu? Jawabannya adalah Belajar. Belajar tidak hanya dari sektor pendidikan formal saja. Ada banyak sekali kursus yang akan membantu dalam memperdalam keahlian dan pengetahuan. Bahkan di dalam era digital seperti ini, belajar akan hal seperti itu dapat dilakukan melalui online. Sehingga dapat dilakukan secara lebih fleksibel menyesuaikan dengan kegiatan kita.

Disiplin dan Konsisten Untuk Mencapai Kondisi Aman Finansial

Menjalankan apa yang sudah direncanakan demi mencapai kondisi aman finanasial merupakan hal yang sulit bagi kebanyakan orang. Padahal disiplin dan konsisten dalam menegakkan prinsip – prinsip hidup akan membuat kita merasa punya tanggung jawab dan motivasi untuk menciptakan finasial yang aman. Banyak sekali godaan di sekitar yang tidak jarang membuat kita lupa akan tujuan awal. Oleh karena itu, diperlukan suatu perilaku yang dapat membantu kita dalam menjalankan niat untuk mencapai kondisi tersebut.

Baca juga: 6 Aplikasi Menabung Online

Itu tadi adalah cara sederhana yang dapat anda coba jika ingin mencapai kondisi aman finansial. Perlu diperhatikan juga, bahwa kondisi tersebut dapat dicapai jika anda benar – benar memiliki niat serta tujuan yang kuat. Jika tujuan sudah kuat dan anda juga telah memiliki rencana yang tepat, maka langkah selanjutnya adalah tentang bagaimana anda menjaga diri untuk tidak tergoda akan hal lain yang kurang penting.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori

Artikel Terbaru

Hubungi Kami
%d bloggers like this: