Mengatasi Stress Masalah Keuangan Bisnis

akuntansionline csweb

17/12/2019

3:15 am

Hutang bisnis terus bertambah? Piutang banyak tak tertagih? Gaji karyawan telat dibayarkan? Dan berbagai macam masalah keuangan bisnis yang membuatmu stress?. Ayo segera diatasi agar tidak berdampak negatif bagi kesehatan kamu maupun bisnis kamu sendiri! Berikut cara mengatasi stress yang melanda karena masalah keuangan bisnis anda :

    1. Jangan panik, tetaplah beraktifitas.

Semakin kamu panik akan membuat kamu hilang akal yang berefek terhadap kesehatan dan kinerja kamu. Alih-alih bisa mengatasi masalah keuangan, yang terjadi malah membuat keadaan menjadi memburuk. Kunci menghadapi sebuah masalah keuangan yakni tetaplah beraktifitas seperti biasa dan tenang menghadapinya. Saat tetap melakukan aktifitas seperti biasa, fokus kamu tidak akan habis untuk memikirkan masalah keuangan yang menimpa diri kamu, sehingga bisa menjaga mood kamu. Selain itu, pengendalian diri itu perlu kamu lakukan agar tidak terpengaruh kecemasan yang lebih tinggi.

    1. Buatlah planning mengatasi masalah keuangan bisnis anda, hadapi masalah keuangan bisnis yang melanda dengan tetap tenang

Masalah bila tidak diselesaikan segera akan berlarut dan menyebabkan masalah semakin besar. Maka, hadapilah masalah keuangan yang sedang kamu alami dengan tenang. Cari akar penyebab masalah keuangan yang menimpa kamu, analisa dengan tenang jangan libatkan emosional didalamnya. Kemudian buatlah planning mengatasi masalah tersebut, ada baiknya buat step by step agar bisa meringankan kamu dalam menyelesaikan masalah keuangan yang sedang menimpa kamu sendiri. Jangan malu atau sungkan meminta bantuan dari orang terdekat kamu, karena support maupun bantuan yang diberikan sekecil apapun itu akan berharga dan meringankan beban yang ada di pundak kamu.

    1. Lakukan manajemen stress, agar anda tidak larut dalam stress yang melanda diri

Ketika orang mengalami stress, tak jarang mereka melampiaskan rasa stress yang dialami dengan melakukan hal-hal negative terutama yang merusak diri mereka maupun orang lain. Namun, ini jangan sampai anda lakukan. Seberat apapun masalah keuangan yang menimpa anda, cobalah tetap tenang dan lakukan manajemen stress. Manajemen stress merupakan kemampuan manusia untuk mengatasi gangguan maupun ancaman mental yang menyerang diri mereka. Anda bisa melakukan manajemen stress dengan melakukan aktifitas positif seperti meditasi, yoga, olahraga maupun kegiatan positif lainnya yang mampu menyalurkan energy positif dalam diri anda.

 

    1. Ubahlah maindset bahwa semua akan kembali baik-baik saja

Masalah keuangan yang menyebabkan stress berasal dari pikiran karena merasa bahwa itu merupakan ancaman ataupun gangguan secara mental yang menyerang kamu. Maka cara efektif lainnya adalah dengan mengubah maindset kamu bahwa semua akan baik-baik saja. Dan segala masalah yang anda hadapi bisa diselesaikan bila mau menyelesaikannya.

    1. Minta bantuan ke professional

Terakhir jangan ragu bila merasa anda membutuhkan bantuan dari professional untuk mengatasi stress yang menimpa diri kamu. Datangilah ke psikiater maupun psikolog untuk konseling mengatasi stress yang menimpa diri kamu.

 

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori

Artikel Terbaru

Hubungi Kami
%d bloggers like this: