Mengatur Keuangan Usaha Terdampak Pandemi

Putri Nur Azizah

10/06/2021

7:46 am

Mengatur Keuangan Usaha Terdampak Pandemi – Pandemi covid-19 menciptakan banyak tantangan untuk berbagai sektor usaha. Mulai dari ekonomi hingga pariwisata.

Mengatur Keuangan Usaha Terdampak Pandemi
Photo by Etienne Girardet on Unsplash

Banyak usaha yang mengalami masalah dan mendapatkan beban finansial ketika pandemi covid-19 ini hadir. Beberapa melakukan pengurangan pada jumlah karyawan dengan melakukan PHK. Hal ini berdampak pula pada mereka yang akhirnya harus kehilangan pekerjaan. Usaha – usaha juga bisa kehilangan konsumen setia, karena kemampuan daya beli yang menurun.

Oleh karena itu, diperlukan suatu penyesuaian atau adaptasi baru agar usaha tetap bisa bertahan di tengah pandemi. Salah satu hal yang penting adalah mengenai bagaimana cara mengatur keuangan usaha ketika terdampak pandemi.

Mengatur Keuangan Usaha Terdampak Pandemi

Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat anda coba untuk mengatur keuangan usaha yang terdampak oleh pandemi :

1. Mempelajari Kebiasaan Baru Konsumen

Anda harus bisa menganalisis bagaimana perilaku konsumen anda. Mengetahui daya beli dan kebiasaan konsumen akan membantu anda dalam proses pengambilan keputusan terhadap proses produksi barang / jasa yang usaha anda miliki.

Misalnya, jika anda memiliki usaha rumah makan. Sebelumnya konsumen bisa datang ke toko anda, namun karena saat ini terdapat pembatasan jarak sosial maka anda bisa mencoba untuk menambahkan opsi delivery order. Untuk itu, diperlukan alokasi dana yang sebelumnya digunakan untuk kepentingan pelayanan konsumen di rumah makan, kini berganti ke kendaraan dan bensin misalnya.

2. Negosiasi Dengan Vendor

Anda harus sering mengecek dan melakukan kontak dengan vendor tempat anda mencari supply untuk produk. Anda dapat melakukan negosiasi mengenai potongan harga ataupun perjanjian yang lainnya. Hal ini bertujuan agar roda perputaran usaha anda dengan vendor tetap bisa berjalan.

3. Analisis Cash Flow

Dalam membuat strategi keuangan, anda harus melihat bagaimana cash flow anda berjalan sebelumnya. Apakah masih bisa diterapkan dalam kondisi sekarang atau masih perlu ada penyesuaian.

4. Membuat Strategi Keuangan Baru

Adaptasi tidak hanya mengenai proses penjualan saja, strategi keuangan juga perlu adanya adaptasi. Karena mungkin ada sedikit perubahan mengenai pemasukan dan pengeluaran usaha yang anda miliki, maka buatlah strategi keuangan yang baru. Buatlah strategi keuangan yang sesuai dengan budget dan keadaan namun tetap efektif.

Baca Juga : Bangkit Dari Bencana Finansial

Pandemi memang memberikan banyak sekali tantangan untuk diselesaikan. Akan tetapi hal itu dapat menuntun kita untuk menemukan banyak sekali cara baru yang sebelumya belum sempat terpikirkan. Tidak ada salahnya untuk mencoba strategi baru dalam usaha, asalkan semua dilakukan dengan hati – hati dan matang.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori

Artikel Terbaru

Hubungi Kami
%d bloggers like this: