Pentingnya Anak Muda Belajar Saham

Putri Nur Azizah

15/06/2021

7:13 am

Tantangan anak muda terutama yang berusia 20-an saat ini adalah dilema untuk memulai sesuatu. Mereka cenderung berhati – hati dalam setiap langkah yang akan diambil, termasuk dalam hal belajar saham. Gaya hidup anak muda saat ini cenderung tinggi seiring dengan penetrasi internet dan teknologi. Hal tersebut membuat anak muda cenderung lebih sulit untuk menabung. Di sisi lain, anak muda juga memiliki keraguan untuk melakukan trading saham tertama bagi mereka yang masih pemula.

Perlukah Anak Muda Belajar Saham?

Anak muda memiliki kesempatan yang besar dalam dunia saham. Semangat dan pola pikir yang kritis dapat membantu mereka dalam menganalisis kondisi pasar yang sesuai dengan tujuan yang ingin mereka raih. Seperti contohnya dalam hal mewujudkan impian. Melalui saham, anak muda dapat meningkatkan nilai dari mata uang yang nantinya dapat berguna untuk membeli barang impian. Selain itu, saham tentu berbeda dengan tabungan. Jika menabung jumlah uang saat ini hingga hari tua akan tetap sama. Namun dalam saham, dana investasi dapat bertambah sehingga aman untuk hidup di hari tua karena nilainya bisa lebih besar.

Tips Bagi Anak Muda Belajar Saham

1. Menyusun Rencana dan Tujuan

Pikirkan dengan matang mengenai seberapa banyak dana yang akan keluar untuk berinvestasi. Lalu tentukan juga jenis investasi apa yang sesuai dengan tujuan serta karakter kita.

2. Mengatur Presentase Dana Investasi

Jumlah uang untuk investasi harus sesuai dengan kondisi finansial agar kemungkinan buruk dapat dihindari Sesuaikan dengan besarnya pendapatan serta pastikan bahwa kebutuhan primer telah terpenuhi.

3. Riset Sebelum Melakukan Investasi

Cari tahu mengenai ROE (return on equity), PER (price earning ratio), DER (debt equity ratio), EPS (earning per share), dan PBV (price to book value).  Cek reputasi dan kondisi dari jenis investasi juga sesuatu yang penting untuk meningkatkan kepercayaan. Perkirakan juga kemungkinan yang akan terjadi di masa depan.

Baca juga Strategi Analisis Pasar

Mengetahui cara bermain saham sejak dini ternyata perlu diketahui oleh generasi milenial. Tuntutan perkembangan jaman dan gaya hidup yang semakin kuat pada akhirnya akan menentukan karakter dari generasi muda. Apakah mereka akan menjadi generasi yang tangguh dan berani ataukah tetap mengikuti apa yang dilakukan oleh orang terdahulu tanpa berani mengambil risiko.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori

Artikel Terbaru

Hubungi Kami
%d bloggers like this: