Pilh Mana : Franchise VS Buka Usaha sendiri

akuntansionline csweb

10/02/2020

4:17 am

Setiap orang menginginkan kesuksesan dalam hidupnya. Ada begitu banyak definisi sukses yang berbeda antara satu sama yang lain. Namun disini kita akan menyorot terkait kesuksesan dalam hal ekonomi yakni bagaimana secara finansial kita merdeka dan meraih hasil dan cita-cita yang sudah dirancang. Untuk mencapainya, kita tentu ingin memiliki bisnis yang bisa dijalani. Ada du acara yang bisa kita lakukan dalam berbisnis. Yakni memiliki bisnis sendiri atau membeli franchise yang sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Memilih diantara buka usaha sendiri dengan franchise bisa menimbulkan dilema tersendiri, seperti memilih antara kamu atau dia untuk menjadi pasangan kita. #ehhh kok melebar, back to the topic! Dilema karena masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri. Well, biar kamu tidak salah memilih akan kami sajikan perbandingan antara buka usaha sendiri dengan franchise yang bisa kamu pertimbangan ketika akan memilih :

  • Franchise

Memilih franchise bisa saja menjadi solusi paling cepat yang bisa kamu jadikan pilihan saat akan memulai suatu bisnis. Bagaimana tidak menjadi solusi dengan cepat, franchise sudah menyediakan semua hal. Dari manajemen, pasar sampai sistem sudah dibuat sesuai dengan SOP yang berlaku di franchise tersebut. Bagi kamu yang tidak ingin mengambil resiko yang besar dan masih pemula dalam menjalankan bisnis maka franchise bisa menjadi pilihan terbaik yang bisa diambil.

Namun, dibalik segala hal keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat membeli sebuah franchise, kamu juga perlu memperhatikan aspek-aspek yang menjadi kekurangan saat akan membelinya. Pertama kendali kamu akan bisnis tersebut tidak luas, terikat oleh aturan dan kontrak yang berlaku agar sesuai denga standart dari franchise yang kamu beli. Kemudian, modal yang kamu keluarkan besar hal ini karena kamu membeli lisensi dan segala tetek bengek dari franchise tersebut, Dan terakhir keuntungan yang diperoleh tidak bisa semua dinikmati kamu sendiri, namun harus dibagi dengan pemegang franchise tersebut!

  • Buka Usaha Sendiri

Potensi akan buka usaha sendiri bisa lebih besar daripada franchise. Hal ini dikarenakan dengan membuka usaha sendiri kamu bisa mengelola bisnis secara bebas sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Fleksibel dengan segala situasi dan kondisi akan membuat bisnis kamu menjadi kokoh dan tahan banting. Selain itu modal yang dibutuhkan jauh lebih kecil daripada franchise, hal ini dikarenakan buka usaha menyesuaikan dengan budget yang dimiliki dan bisnis apa yang dijalankan.

Namun, namanya juga buka usaha sendiri kedepannya merupakan ketidakpastian. Karena buka usaha sendiri artinya resiko gulung tikar lebih mudah daripada franchise, karena semua dimulai serba baru membuka pasar baru, produk baru, manajemen baru sampai membuat sistem bisnis yang tepat perlu dicari. Namun, itu semua menjadi tantangan yang harus dijalani. Tapi ada satu hal yang pasti, porsi keuntungan besar untuk dirimu sendiri selaku pemilik dan yang menjalankan bisnis tersebut.

Well, diantara itu silahkan kamu pilih mana yang cocok untuk menjadi bisnis yang akan dijalankan!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori

Artikel Terbaru

Hubungi Kami
%d bloggers like this: