Tips Mencari Supplier Yang Terpercaya

akuntansionline csweb

29/01/2020

4:01 am

Dalam menjalankan sebuah bisnis proses pengadaan barang merupakan suatu hal yang penting dalam kelancaran sebuah bisnis. Peran yang biasa dilakukan pemasok barang atau supplier menyediakan bahwa pasokan barang sesuai dengan kebutuhan dari bisnis kita. Melihat peran supplier yang vital dalam roda bisnis, kita tidak bisa sembarangan dalam memilih supplier untuk memenuhi segala barang yang dibutuhkan oleh bisnis kita. Supplier yang dipilih mestinya yang bisa dipercaya, karena mempengaruhi kelancaran dalam bisnis.  Berikut tips yang bisa dilakukan untuk mencari suplier yang terpercaya :

  1. Identitas Suplier Jelas Terutama Dalam Hal Kontak Dan Alamat

Dalam bisnis untuk mendapatkan kepercayaan hal pertama yang dilakukan adalah memberikan informasi diri dengan jelas. Hal ini juga berlaku bagi supplier, anda bisa melihat identitas supplier tersebut dengan jelas. Untuk melihat nama supplier, kontak yang bisa dihubungi sampai alamatnya yang jelas sehingga bisa mengecek langsung kesana benar adannya toko tersebut atau fake.

  1. Melihat Portofolio Suplier (Hal Ini Digunakan Untuk Melihat Kualitas Dari Suplier Anda)

Point selanjutnya adalah melihat kualitas barang dari supplier. Untuk melihatnya anda bisa meminta portofolio barang dari supplier anda. Dengan portofolio anda juga bisa menggunakan untuk melihat dari track record supplier tersebut. Hal ini akan membuat anda tidak lagi meraba-raba apakah barangnya berkualitas ataupun tidak.

  1. Stock Barang Tidak Terbatas Jumlah Dan Waktu

Kelancaran bisnis dipengaruhi oleh pasokan barang yang lancer dan selalu tersedia. Anda bisa menanyakan kepada supplier apakah barangnya selalu ready atau tidak. Dan penyediaan barang yang cepat atau tidak. Kualitas barang memang penting, namun bila ternyata supplier tidak bisa menjamin ketersediaan barang dan waktu penyediaan yang tidak bisa cepat hal ini akan menghambat kelancaran bisnis anda karena pasokan barang kurang.

  1. Mudah Untuk Bernegosiasi

Point selanjutnya yang bisa menjadi pertimbangan anda adalah karakter dari supplier tersebut apakah bisa diajak untuk bernegosiasi ataupun tidak. Hal ini agar anda bisa mendapatkan harga terbaik dari supplier. Selain itu dengan mudah bernegosiasi juga bisa membangun hubungan yang baik dengan supplier, hal ini bisa menjadi sarana untuk bisa melakukan kolaborasi dan menekan biaya dari supplier.

  1. Waktu Pengiriman Produk Yang Cepat

Semakin cepat waktu pengiriman barang, semakin baik pula kelancaran bisnis anda. tanyakan berapa lama barang bisa dikirim agar proses bisnis berjalan lancer.

  1. Jaminan Kualitas Produk

Melihat portofolio memang bisa melihat track record dan kualitas barang, namun belum menjamin kualitas sebenarnya. Mintalah sample produk untuk bisa menilai secara nyata kualitas dari produk dan jaminan dari kualitas barang dari supplier tersebut.

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori

Artikel Terbaru

Hubungi Kami
%d bloggers like this: