Window Dressing

akuntansionline csweb

10/12/2019

1:54 am

  1. Pengertian

Window dressing adalah sebuah strategi yang digunakan manajer investasi dan juga perusahaan untuk mempercantik tampilan portofolio/performa laporan keuangannya sebelum ditampilkan kepada klien ataupun pemegang saham.

  1. Faktor yang mempengaruhi

Beberapa faktor yang mempengaruhinya seperti self-fulfilling prophecy yang menjadi peluang sangat besar terjadinya window dressing ini. Selain itu window dressing ini juga sering sekali dipicu oleh beberapa usaha yang dilakukan oleh manajer investasi dan emiten yang ingin mempercantik kinerja dan juga laporan keuangan mereka menjelang akhir tahun atau menjelang tutup buku.

  1. Keuntungan

Window dressing memberikan manfaat agar para investor bisa mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu yang pendek.

  1. Tips
  • Sebaiknya anda tetap mempertimbangkan faktor fundamental dari saham yang akan dibeli. Jika window dressing tidak terjadi pada saham yang dibeli, anda masih bisa memegangnya tanpa perlu terlalu kuatir. Jika sewaktu-waktu terkoreksi kembali, saham yang memiliki fundamental kuat umumnya memiliki daya tahan yang lebih kuat.
  • Investor sebaiknya memilih saham yang menjadi pendorong utama indeks. Biasanya saham penggerak indeks adalah bluechips atau perusahaan berkapitalisasi besar.
  • Sebaiknya tetap konfirmasikan dengan analisis teknikal atau dalam arti cari saham yang dalam kondisi cenderung naik.
  • Belum tentu window dressing terulang kembali. Oleh karena itu, bagi investor yang ingin berspekulasi di penghujung tahun, disarankan untuk tetap berhati-hati. Gunakan alokasi dana yang memang untuk spekulasi, bukan dana utama investasi.hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori

Artikel Terbaru

Hubungi Kami
%d bloggers like this: