5 Tips Mempersiapkan Keuangan Masa Depan

Putri Nur Azizah

03/06/2021

6:55 am

Mempersiapkan keuangan untuk masa depan terkadang menjadi hal yang sering terlupakan. Padahal ada banyak sekali hal – hal yang juga harus anda penuhi di masa mendatang. Kebutuhan juga akan selalu berdatangan dan bahkan bertambah seiring dengan berjalannya waktu.  Oleh karena itu, setiap orang perlu untuk mengetahui bagaimana cara mempersiapkan keuangan di masa depan dengan baik agar kondisi keuangan dapat selalu stabil.

Mempersiapkan Keuangan Masa Depan
Mempersiapkan Keuangan Masa Depan (Photo by Kelly Sikkema on Unsplash)

Berikut ini adalah tips yang dapat anda gunakan untuk mempersiapkan keuangan masa depan :

1. Tentukan Tujuan Keuangan Anda

Dalam mengelola keuangan tentu membutuhkan suatu tujuan. Hal ini penting agar anda dapat lebih termotivasi untuk memperhatikan kondisi keuangan yang anda miliki. Misalnya jika anda memiliki target untuk menikah tahun depan, dan anda juga sudah mengetahui seberapa banyak yang dibutuhkan untuk acara pernikahan, maka anda akan lebih mudah untuk mengatur keuangan anda.

2. Buat Skala Prioritas Kebutuhan

Keinginan dan kebutuhan adalah sesuatu yang berbeda, namun orang – orang sering kali mengabaikannya. Mulai sekarang, coba buatlah skala prioritas kebutuhan mulai dari yang penting hingga yang kurang penting, mulai dari yang paling dibutuhkan hingga yang masih bisa ditunda. Sebisa mungkin hindari kata “ingin”. Karena keinginan tersebut sering kali menjadi penggoda dan mengakibatkan anda kesulitan dalam memenuhi apa yang benar – benar anda butuhkan.

3. Bijak Dalam Mengeluarkan Uang

Banyak sekali kesempatan yang dapat anda gunakan untuk membantu anda bijak dalam mengeluarkan uang. Pertama, manfaatkan diskon dan promo ketika berbelanja. Hal itu akan membantu anda dalam berhemat. Kedua, perhatikan pengeluaran uang untuk kegiatan hiburan. Biasanya orang akan mudah mengeluarkan uang untuk streaming ataupun menonton bioskop. Tidak salah memang, namun jika terlalu sering suatu saat nanti hal itu akan menjadi tidak terkendali dan kondisi keuangan anda akan terancam.

4. Rajinlah Menabung

Menabung dapat menjadi hal yang sulit jika anda tinggal di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, atau kota lainnya. Godaan akan kemudahan mendapatkan apa yang ingin anda beli terbuka dan tersedia sangat banyak. Namun, alangkah baiknya jika anda menyisihkan setidaknya 10% dari gaji anda untuk ditabung demi mempersiapkan pengeluaran masa depan yang mungkin tidak terduga. 

5. Perhatikan Gaya Hidup

Gaya hidup selalu dapat menjadi pilihan bagi setiap orang, apakah seseorang ingin menjalani hidup hemat atau boros, tentang seseorang yang ingin bergaul dengan mereka yang memiliki kehidupan sosialita tinggi atau yang biasa saja. Jika ingin memiliki keuangan masa depan stabil, sebaiknya anda dapat lebih bijak dalam menentukan gaya hidup karena hidup anda dan hidup orang lain tentu saja berbeda.

Berbicara mengenai keuangan masa depan memang tidaklah mudah, dibutuhkan komitmen untuk terus fokus pada tujuan yang hendak dicapai. Jangan mudah terpengaruh oleh kebutuhan yang tidak perlu dan selalu pastikan bahwa kondisi keuangan anda tetap stabil baik di masa sekarang maupun di masa depan.

Baca juga cara untuk Bangkit Dari Bencana Finansial



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori

Artikel Terbaru

Hubungi Kami
%d bloggers like this: