Tetap Atur Usaha Meski Tidak Terdampak Pandemi

Putri Nur Azizah

10/06/2021

7:54 am

Tetap Atur Usaha Meski Tidak Terdampak Pandemi – Ketika pandemi covid-19 berlangsung selama lebih dari satu tahun ini, ada beberapa usaha yang nampaknya tidak terlalu terkena dampak. Misalnya saja kebutuhan yang menunjang kebersihan dan kesehatan yaitu sabun, hand sanitizer, masker, dan obat – obatan.

Tetap Atur Usaha Meski Tidak Terdampak Pandemi
Photo by Firmbee.com on Unsplash

Namun, kondisi seperti itu tidak boleh menjadikan anda lengah dan abai. Anda juga harus tetap waspada dan siap dengan kemungkinan apapun yang akan terjadi. Ada baiknya jika anda tetap atur usaha anda meskipun tidak terdampak oleh pandemi.

Baca Juga : Cara Tetap Produktif di Tengah pandemi

Tips Atur Usaha Meski Tidak Terdampak Pandemi

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk mengelola usaha anda di tengah pandemi :

1. Tetap Perhatikan Arus Kas

Perhatikan pengeluaran dan pendapatan yang dilakukan oleh usaha anda. Apakah perputarannya cenderung lancar atau tidak. Jika mengalami penurunan maka anda harus membuat strategi yang tepat untuk mendongkrak kembali perputaran kas pada usaha anda.

2. Meningkatkan Pelayanan

Pelayanan sebelum dan ketika pandemi cenderung berbeda. Ketika sebelumnya mobilisasi cenderung mudah untuk dilakukan, namun saat ini lebih dibatasi. Agar usaha anda tetap memiliki kesan dekat dengan konsumen, anda dapat menyediakan berbagai layanan baru.

Misalnya, anda dapat memperlebar usaha anda ke ranah online dan berfokus di dalamnya. Atau dapat juga anda menyediakan layanan delivery atau drive-thru.

3. Memantau Vendor dan Mitra Bisnis

Karena hampir semua sektor terdampak oleh pandemi, maka dari itu anda harus segera melakukan pemantauan terhadap vendor dan mitra bisnis anda. Jika anda merasa bahwa vendor anda sudah tidak dapat memenuhi kebutuhan usaha, maka anda boleh meminta bantuan kepada mitra bisnis anda untuk mencari vendor yang baru.

Baca Juga : Penyebab Pembukuan Akuntansi Tradisional Ditinggalkan Para Pengusaha

Meskipun usaha anda tidak terlalu terkena dampak dari adanya pandemi covid-19, anda tetap harus menjaga kestabilan usaha, salah satunya dengan menerapkan berbagai strategi seperti di atas. Anda juga dapat meminta bantuan dengan berkonsultasi pada profesional untuk menemukan cara yang efektif dan tepat bagi usaha anda. Selamat mencoba !



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori

Artikel Terbaru

Hubungi Kami
%d bloggers like this: